Elia Dj Ungkap Tanggul Sawah Petani SP 5 dan SP 7 Tanjung Buka Rusak Berat

Daerah277 Dilihat

TANJUNG SELOR – Banyak nya tanggul persawahan masyarakat yang jebol di Satuan Pemukiman (SP) 5 Tanjung Buka, Bulungan, mengemuka saat berlangsungnya agenda Reses Ellia Dj anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara disana beberapa waktu lalu.

Akibatnya para petani setempat tak bisa lagi bercocok tanam untuk mengolah lahan sawah miliknya.

“Menurut laporan warga saat Reses ada sekitar 50 persen bahkan lebih tanggul persawahan mereka yang jebol, ” kata Ellia Dj.

Sehingga bila air pasang tinggi lahan persawahan mereka otomatis terendam air. Sehingga tak bisa lagi ditanam padi.

Bahkan saat ini kondisi air meluap hingga ke kolong rumah warga. “Kalau persoalan ini tak segera diatasi bagaimana kami bisa bertahan hidup, ” tutur warga.

Harapan mereka lanjut Ellia Dj, tanggul sawah yang rusak segera diperbaiki, harus ditinggikan lagi, untuk mengantisipasi masuknya air kelahan persawahan bila saat puncaknya air pasang.

“Pintu air di bagian saluran pengairan juga harus diperbaiki, agar petani setempat bisa mengatur keluar masuk nya air ke persawahan, ” imbuh Ellia Dj.

Sebenarnya hal ini sudah beberapa kali diusulkan warga. Hanya saja belum ada respon terkait usulan tersebut.

“Saya minta usulan ini harus direalisasikan pada tahun anggaran 2024 yang akan datang, ” tegas Ellia Dj lagi seraya menambahkan perbaikan tanggul sawah dan pengairan itu mulai dari SP 5 hingga SP 7.

Selain itu tandasnya lagi, masyarakat nelayan berharap ada bantuan armada dan mesin ketinting serta alat tangkapnya. Demikian pula ibu-ibu majelis taklim berharap ada pembinaan dari pihak terkait.

“Perbaikan rumah ibadah seperti Mesjid juga mendesak untuk diperhatikan, ” tutup Ellia Dj.