Jaringan Internet di Kampung Tepurau Tanjung Palas Bulungan Lambat

Daerah739 Dilihat

TANJUNG SELOR – Lebih kurang 100 kepala Keluarga atau sekitar 300 jiwa warga kampung Tepurau, Kelurahan Tanjung Palas Hilir, kecamatan Tanjung Palas Kabupaten Bulungan sampai saat ini belum bisa mengakses jaringan internet secara maksimal.

Padahal kampung Tepurau merupakan salah satu daerah industri pengolahan minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil dan wilayah perkebunan kelapa sawit di Bulungan, yang barang tentu baik karyawan perusahaan maupun masyarakat sekitar sangat perlu berinteraksi dengan daerah lain nya, baik dengan menggunakan jaringan hubungan telpon selular, WhatsAPP maupun jenis hubungan didunia maya lain nya.

“Harapan kita yang membidangi urusan komunikasi dan informasi di Kabupaten Bulungan maupun di Pemprov Kaltara bisa memperhatikan soal akses jaringan internet di kampung Tepurau, ” ujar salah satu warga, Minggu (21/5)

Menurutnya, untuk menggunakan hand phone android mereka terpaksa mencari area signal yang ada, itu pun hanya pada jam-jam tertentu baru bisa digunakan.

Untuk sebagian area, karena signal tersebut susah, terpaksa mereka menggunakan alat penguat signal tersebut, peralatan semacam orbit telkomsel atau alat sejenis lainnya.

“Tapi bila signal telkom lemah semua peralatan nya jadi tak ada gunanya tak bisa lagi dipergunakan, ” ujarnya.

Menanggapi keinginan warga kampung Tepurau itu, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Albertus Stefanus Marianus ST, mengatakan, seperti diketahui terkait pembangunan Base Transceiver Station atau disingkat BTS adalah suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator saat ini mengalami masalah dengan adanya kasus yang melibatkan Menteri Kominfo Republik Indonesia Jhoni G Plate.

Kendati demikian, terkait keinginan warga Tepurau itu, Albert sapaan akrab ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara berjanji akan mempertanyakan kepada OPD terkait yang membidanginya. “Apakah ruang untuk pembangunan Tower Telkomsel masih ada di APBD Provinsi Kalimantan Utara, jika ada maka secepatnya kita harus bisa menyelesaikan menuntaskan permasalahan-permasalahan baik yang menyangkut transportasi maupun informasi bagi masyarakat Tepurau yang ada di wilayah Kelurahan Tanjun Palas Hilir kabupaten Bulungan, ” kata Albert.

Apalagi wilayah Tepurau sudah masuk wilayah perkotaan seharusnya aksesbilitas yang menyangkut wilayah yang terdekat seperti itu semaksimal mungkin permasalahan jaringan internet bisa terselesaikan secepatnya.

Tapi tentunya terlebih dahulu harus melalui verifikasi informasi-informasi yang nantinya coba dikonfirmasi ke Kominfo Provinsi Kalimantan Utara sebagai OPD yang membidangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *